Belajar Demokrasi Lewat Pemilihan OSIS
oleh Admin Jum'at, 13 Januari 2023 Sekolah Pondok Daun
Belajar Demokrasi Lewat Pemilihan OSIS

Kita diperkenalkan tentang jenis-jenis pemerintahan yang ada di dunia sejak kita SMP. Salah satu jenis pemerintahan yang familier dan dekat dengan kita adalah pemerintahan demokrasi yang juga digunakan oleh bangsa Indonesia.

Dari prinsip-prinsip "dari rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat" kita belajar untuk menyuarakan pendapat dan memberikan kontribusi dalam pemilihan kepala negara dan kepala-kepala Dewan Perwakilan Rakyat. Walaupun untuk memilih, kita butuh untuk berada di umur 17 tahun ke atas.

Bagi para pelajar yang masih belum mencapai umur yang cukup, kita bisa mengenalkan dan mengajarkan mereka tentang proses demokrasi dari ruang lingkup terdekat dengan mereka, salah satunya adalah pemilihan OSIS di sekolah. Dari proses pencalonan, kampanye, hingga pemilihan OSIS yang diadakan di sekolah, diharapkan anak-anak familier dengan sistem demokrasi, salah satunya adalah pengambilan suara untuk memilih (voting).

Di tahun 2022, SMP dan SMA Pondok Daun kembali melaksanakan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS periode 2022-2023. Setelah di tahun sebelumnya, ketua dan wakil ketua OSIS berkampanye dan dipilih secara online karena efek pandemi, kali ini kampanye dan pemilihan mereka dilaksanakan secara langsung di sekolah. Antusiasme dari para calon maupun para pemilih pun cukup terasa, dari banyaknya calon yang mendaftar dan para pemilih yang aktif dan kritis bertanya mengenai program-program yang ditawarkan.

Dari SMP, 3 orang mencalonkan diri sebagai ketua yaitu Dominique, Jessica, dan Indira serta 6 orang mencalonkan diri sebagai wakil ketua yakni Nathan, Jojo, Rafael, Clarice, Naomi, dan Joseva. Masing-masing calon diminta untuk membuat visi dan misi mereka sebagai calon ketua dan wakil ketua OSIS serta merancangkan program-program yang akan mereka jalankan yang akan mereka paparkan juga di kampanye bersama di hadapan seluruh pemilih.

Pada tanggal 19 Oktober 2022 jatuh sebagai hari kampanye bersama dan para calon memaparkan visi, misi, program, serta motto mereka sebagai calon ketua dan wakil ketua. Para pemilih yang menyaksikan kampanye pun mengajukan pertanyaan-pertanyaan mengenai hal-hal yang disampaikan oleh para calon yang mereka rasa belum jelas atau belum mereka pahami sepenuhnya.


img-1673574493.jpg

Tanggal 22 Oktober 2022 menjadi hari pemilihan bagi para calon ketua dan wakil ketua OSIS SMP Pondok Daun. Para pemilih dipandu untuk melakukan pengambilan suara oleh pengurus OSIS periode sebelumnya. Pemilihan dilakukan di lantai 2 gedung SMP dan diawasi oleh panitia serta bapak-ibu guru untuk memastikan pemilihan berjalan dengan jujur, adil, dan transparan. Para pemilih diberikan kertas suara yang mereka bisa coblos di bilik yang sudah disediakan. Setelah itu mereka memasukan surat suara yang sudah dicoblos ke kotak suara dan menandai jari mereka dengan tinta, tanda sudah memilih. Setelah pemilihan, ketua yang terpilih adalah Dominique dengan total perolehan 65 suara dan wakil ketua yang terpilih adalah Rafael dengan total perolehan 25 suara, berbeda 1 suara dengan calon wakil ketua nomer 3, Clarice. 

img-1673575603.jpg

Di unit SMA, 5 orang mencalonkan diri menjadi wakil ketua OSIS yaitu Christine, Kezia, Nikita, Victoria, dan Naomi. Sementara ada 10 orang yang mencalonkan diri menjadi ketua OSIS yaitu Arthur, Anne, Ari, Maria, Yabasta, Axel, Damian, Amel, Emily, dan Gabe. Para calon diminta untuk mempersiapkan visi, misi, dan program kerja serta motto mereka untuk dikampanyekan. 

Tanggal 15 Oktober 2022 menjadi hari kampanye di mana para calon memaparkan materi yang sudah mereka persiapkan. Para pemilih pun banyak yang bertanya mengenai pemaparan mereka, termasuk Bapak Ibu guru dan Ma'am Daniel. Para peserta menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut sesuai dengan kemampuan mereka.

18 Oktober menjadi hari pemilihan di mana prosesi pemilihan sama seperti yang dilaksanakan di SMP. Siswa-siswi secara bergiliran memilih di ruangan yang sudah disediakan dan diawasi oleh panitia. Setelahnya, Bapak Ibu guru serta karyawan juga memberikan suara kepada calon yang mereka unggulkan.

img-1673582009.jpg

Dari pemilihan yang sudah berjalan, terpilih Gabe sebagai ketua OSIS SMA Pondok Daun periode 2022-2023 dengan perolehan 59 suara, unggul cukup jauh dari Anne di posisi kedua dengan 25 suara. Sementara perolehan suara pemilihan wakil ketua OSIS dimenangkan oleh Nikita dengan perolehan 56 suara, mengungguli posisi kedua, Kezia dengan 34 suara.

img-1673584476.jpg

Dengan ini, telah terpilih ketua dan wakil ketua OSIS SMP dan SMA Pondok Daun periode 2022-2023. Proses demokrasi di lingkungan sekolah seperti pemilihan pengurus OSIS ini diharapkan menjadi sarana pembelajaran bagi anak-anak bagaimana berdemokrasi di masyarakat.