SD Pondok Daun - Kegiatan Membuat Model Sistem Tata Surya
oleh Admin Jum'at, 20 Maret 2020 SD Pondok Daun
SD Pondok Daun - Kegiatan Membuat Model Sistem Tata Surya

Pagi ini siswa-siswi kelas 6 SD Pondok Daun menjalankan ujian praktek pelajaran IPA. Pada ujian praktek kali ini, Bu Maya membina siswa-siswi dan membaginya dalam kelompok untuk bekerjasama membuat mode sistem tata surya menggunakan bubur kertas. 

Tugas kali ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas siswa-siswi yang mengharuskan mereka untuk bekerjasama di dalam tim. Selain itu, mereka juga terlebih dahulu harus mengetahui pengetahuan mengenai planet-planet maupun bentuk tata surya sehingga dalam pembuatan model nantinya, mereka tidak keliru. Tugas ini membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan membutuhkan proses yang melatih kesabaran anak-anak.

Langkah pertamanya, siswa-siswi dibina untuk membuat adonan bubur kertas dari bahan kertas-kertas yang dihancurkan yang dicampurkan dengan air dan tepung kanji. Bahan ini yang nantinya akan dibentuk menjadi planet-planet yang akan mengisi model tata surya mereka. 

Setelah sudah siap untuk digunakan, bubur kertas pun dibentuk oleh siswa-siswi berdasarkan skala ukuran model planet yang sudah mereka pelajari. Selain itu juga mereka menggunakan styrofoam sebagai dasar dari tata surya mereka, dimana nanti planet-planet tersebut akan di tempelkan ke styrofoam dengan menggunakan tusuk gigi yang ditancapkan.

Proses selanjutnya setelah planet-planet terbentuk adalah dengan memberinya warna untuk memperjelas dan mempercantik setiap planet, tentunya warnanya sesuai dengan warna planet yang sesungguhnya. Dalam pewarnaan, siswa-siswi menggunakan cat air ataupun cat minyak yang kemudian mereka lukiskan menggunakan kuas di model planet mereka. Mereka juga memberikan tambahan ornamen yang sesuai dengan karakteristik planet tersebut. 

Setelah selesai mewarnai, model planet pun di tempelkan ke styrofoam menggunakan tusuk gigi yang ditancapkan. Di styrofoam juga siswa-siswi melukisnya dengan garis orbit tata surya kemudian menempatkan model planet sesuai dengan tempatnya masing-masing. 

Setelah selesai, mereka pun menjermur hasil karyanya agar warnanya kering dan tidak pudar.

Dalam pengerjaannya, seluruh siswa-siswi sangat aktif bekerjasama membuat model tata surya. Mereka juga saling berkomunikasi dan mengingatkan ketika ada bentuk-bentuk yang kurang tepat ataupun pemberian warna yang keliru. Siswa-siswi mulai dilatih untuk aktif dan reaktif terhadap apa yang sedang mereka kerjakan, bukan hanya sekedar belajar mengikuti instruksi namun juga memahami instruksi tersebut dan mengerjakannya dengan kemampuan dan kreativitas yang mereka miliki. Terlebih mereka juga belajar bekerja dalam tim, sehingga mereka tidak gagap secara sosial karena ilmu yang baik tidak akan efektif kita miliki jika tidak kita gunakan untuk mengembangkan lingkungan sosial kita. 

Ini dia hasil pekerjaan mereka

img-1584685893.jpg