Sekolah Pondok Daun - Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah 2019-2020
oleh Admin Selasa, 06 Agustus 2019 Sekolah Pondok Daun
Sekolah Pondok Daun - Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah 2019-2020

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah masa adaptasi para peserta didik di lingkungan sekolah mereka yang baru. Berbeda dengan Masa Orientasi Sekolah (MOS) yang dulu kita kenal identik dengan kekerasan, atribut yang tidak masuk akal yang harus dibawa, serta kegiatan yang mempermalukan siswa-siswi, MPLS kini diawasi secara ketat oleh pemerintah agar berisi muatan yang mendidik dan membangun para peserta didik.

MPLS di Sekolah Pondok Daun pada tahun ajaran 2019-2020 berjalan di setiap unit baik SD, SMP, maupun SMA.

SD Pondok Daun mengadakan MPLS selama 3 hari, 15-17 Juli 2019, sedangkan SMP dan SMA Pondok Daun mengadakan MPLS selama 5 hari, 15-19 Juli 2019.

Kegiatan MPLS dibuka dengan upacara pembukaan tahun ajaran baru sekaligus upacara pembukaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah SD, SMP, dan SMA Pondok Daun.

Pada MPLS SD Pondok Daun, peserta didik baru dilatih untuk menumbuhkan budi pekerti. Siswa-siswi kelas 1 SD dilatih untuk bersikap baik dan sopan dan belajar berinteraksi dengan siswa-siswi lain. Mereka dituntun untuk bersalaman dan memperkenalkan diri kepada teman sekelas. Siswa-siswi juga dilatih untuk mencuci tangan sebelum makan dan membuang sampah pada tempatnya agar mereka sadar akan pentingnya kebersihan. Kegiatan yang juga dilakukan oleh siswa-siswi SD adalah menyanyikan lagu nasional dan daerah serta berjalan mengelilingi ruangan-ruangan dan bagian-bagian sekolah agar mereka terbiasa dan dapat beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru.