Sekolah Pondok Daun Mulai Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas
oleh Admin Selasa, 26 Oktober 2021 Sekolah Pondok Daun
Sekolah Pondok Daun Mulai Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas



Sekolah Pondok Daun mulai mengambil langkah untuk menjalankan Pembelajaran Tatap Muka sesuai dari arahan pemerintah.

Melihat situasi dan kondisi pandemi yang sudah mulai membaik dan sesuai dengan arahan dari Dinas Pendidikan, Sekolah Pondok Daun pun ikut serta untuk memulai Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Hal ini tentu terlebih dahulu dikomunikasikan dengan pihak-pihak penting agar keputusan yang diambil adalah yang terbaik untuk bersama. Dari mengikuti arahan pengawas dengan lengkap, melakukan rapat internal dengan yayasan, rapat dengan orang tua dan siswa-siswi, semuanya sudah dilaksanakan untuk merancangkan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas yang aman dan kondusif bagi seluruh warga sekolah.

Dari hasil rapat yang sudah dilaksanakan, akhirnya diputuskan bahwa PTMT tidak akan dilaksanakan oleh semua unit secara langsung, melainkan dilakukan secara bertahap dimulai dari siswa-siswi SMA terlebih dahulu. Hal ini mengingat siswa-siswi SMA sudah mendapatkan vaksin serta dianggap sudah lebih dewasa untuk bisa mengikuti protokol yang ada. PTMT pun tidak dipaksakan bagi seluruh peserta didik, melainkan bagi siswa-siswi dan orang tua murid yang bersedia untuk mengikuti PTMT. Harapannya dari tahapan pertama ini, kita bisa melihat kelebihan serta kekurangan yang akan dijalankan serta melakukan peningkatan kedepannya. Dari sana, tahapan berikutnya untuk PTMT TK, SD, dan SMP pun bisa segera menyusul jika kondisi pandemi juga terus membaik.

Untuk memastikan PTMT yang akan berjalan dapat terlaksana dengan baik dan aman bagi seluruh warga sekolah, kami pun mempersiapkan protokol kesehatan PTMT yang dirancang bersama dan sesuai dengan ketentuan-ketentuan serta prosedur dari pemerintah dan tenaga kesehatan. Protokol tersebut mencakup keadaan anak saat di rumah, dalam perjalanan, memasuki area sekolah, di dalam kelas saat kegiatan belajar mengajar, ketika akan pulang, ketika menunggu penjemputan, hingga sesampainya di rumah. Protokol ini dipersiapkan secara lengkap dengan harapan, PTMT yang akan dijalankan bisa berlangsung dengan aman. Kami juga tidak lupa untuk melakukan sosialisasi protokol tersebut dengan siswa-siswi dan orang tua murid, karena peran pihak sekolah, orang tua, dan peserta didik lah yang sangat menentukan apakah PTMT bisa berjalan sesuai dengan ketentuan.

Setelah proses yang lumayan panjang dari persiapan dan pemantapan protokol, akhirnya pada Senin, 26 Oktober 2021 kemarin PTMT Sekolah Pondok Daun secara resmi dimulai. Siswa-siswi SMA Pondok Daun yang sudah menyetujui ketentuan dan bersedia melaksanakan PTMT pun hadir untuk belajar di sekolah. Di dalam tahap pertama ini, kami juga membatasi jumlah siswa-siswi yang berada di kelas dengan mengatur setiap harinya hanya 50% murid kelas yang diizinkan masuk, 50% sisanya akan masuk di hari yang berbeda agar tidak terjadi kerumunan yang berlebihan. 

Dalam pelaksanaannya, guru-guru memantau serta memandu peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan yang berlaku, baik dari kedatangan hingga kepulangan para peserta didik. PTMT yang berjalan di hari pertama pun berjalan dengan baik dan lancar. Seluruh siswa-siswi mengikuti protokol dan panduan yang sudah diberikan serta mengikuti pembelajaran dengan baik. Seluruh prosedur pelaksanaan dijalankan dengan semestinya baik oleh siswa-siswi maupun oleh guru dan staff sekolah. 

Kedepannya, semoga langkah awal PTMT ini bisa terus dipertahankan dan dijaga dengan ketat dan konsisten, sehingga harapan kita untuk kembali belajar bersama di sekolah dengan seluruh murid bisa segera terlaksana. Mari kita terus berdoa agar kondisi semakin membaik dan tetap menjaga protokol kesehatan di mana pun kita berada. 

img-1635225061.jpgimg-1635225066.jpgimg-1635225070.jpgimg-1635225082.jpgimg-1635225086.jpgimg-1635225089.jpgimg-1635225112.jpg