Sekolah Pondok Daun tetap menggiatkan Belajar Di Rumah di tahun 2021
oleh Admin Selasa, 12 Januari 2021 Sekolah Pondok Daun
Sekolah Pondok Daun tetap menggiatkan Belajar Di Rumah di tahun 2021

    img-1610424021.jpg

(Ibadah pagi Sekolah Pondok Daun via Zoom)

Semester satu sudah kita lalu bersama dan saatnya menghadapi pembelajaran di semester 2 di tahun 202. Harapan kita untuk kembali sekolah dengan bertatap muka juga harus kita kurungkan lebih lama, mengingat pemerintah Kota Depok mewajibkan setiap sekolah untuk kembali melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) karena situasi dan kondisi pandemi yang masih terlalu berisiko. Data harian pasien COVID-19 di Indonesia terus bertambah dan menjadi peringatan bagi sekolah untuk tidak bertatap muka secara langsung terlebih dahulu. Siswa-siswi pun harus kembali Belajar Di Rumah (BDR) dan memaksimalkan semua sumber yang ada untuk belajar dengan lebih efektif.

    Kami Sekolah Pondok Daun, baik unit TK, SD, SMP, dan SMA pun mendukung keputusan pemerintah ini dan tetap menggiatkan Belajar di Rumah dengan lebih maksimal. Prioritas utama kita saat ini adalah untuk menjaga kesehatan dan menghindari adanya cluster COVID-19 di Sekolah. Kami juga menilai bahwa pembelajaran online yang selama ini sudah dilakukan memiliki potensi untuk berjalan dengan lebih efektif jika bisa terus dikembangkan dan dipergunakan dengan maksimal baik oleh guru maupun peserta didik. Jika dibandingkan dengan sekolah tatap muka, memang ada hal-hal tertentu yang tidak bisa kita dapatkan dari tatap muka dalam jaringan, namun proses penyampaian dan validasi informasi yang diberikan oleh guru kepada siswa tetap bisa berjalan dengan lancar dan jelas. Selama pengajaran dan pembelajaran bisa disampaikan dengan jelas serta output yang didapatkan dari anak juga baik, maka untuk saat ini kami menilai Pembelajaran Online masih menjadi pilihan terbaik.

    Pada semester pertama tahun pelajaran 2020-2021, pembelajaran online yang dilaksanakan di Sekolah Pondok Daun sudah kami evaluasi dengan hasil yang cukup baik. Siswa-siswi bisa mengikuti pembelajaran dengan jam pelajaran yang sudah disesuaikan, serta penggunaan media Zoom sebagai jalur komunikasi dua arah juga cukup maksimal. Media Zoom Meetings yang dikombinasikan dengan Google Classroom dan Whatsapp Group membuat komunikasi dan penyampaian materi serta pemberian tugas dapat berjalan dengan lancar. Hal-hal yang perlu ditingkatkan pada proses pembelajaran online adalah kontrol kedisiplinan peserta didik serta inovasi dari tiap guru untuk membuat pembelajaran online jadi lebih menarik untuk diikuti dan tidak membuat siswa-siswi bosan. Kerjasama antara pihak sekolah dengan orang tua di rumah juga menjadi salah satu faktor penting jalannya pembelajaran siswa-siswi di rumah.

    Untuk itu, mari kita hadapi semester yang baru di tahun yang baru ini dengan lebih maksimal. Mari kita sama-sama gunakan energi kita untuk belajar dengan lebih giat dan memanfaatkan teknologi informasi yang kita miliki untuk mengembangkan diri kita. Mari kita bersama bekerja sama untuk tetap memberikan kualitas pendidikan yang terbaik meski dalam situasi pandemi seperti sekarang dan tetap berdoa agar pandemi dapat segera berakhir dan kita bisa kembali berkumpul dan bertemu langsung di Sekolah Pondok Daun.