Sekolah Pondok Daun - Tips dan Trik Memasuki Tahun Ajaran Baru
oleh Admin Minggu, 14 Juli 2019 Tips Sekolah Pondok Daun
Sekolah Pondok Daun - Tips dan Trik Memasuki Tahun Ajaran Baru

Hai students!

Ga kerasa ya masa liburan kita akan segera habis dan sebentar lagi kita harus kembali masuk sekolah.

Beberapa dari kalian juga pastinya ada yang baru lulus dan masuk ke SMP atau SMA yang baru. 

Untuk itu, mari disimak beberapa tips dan trik masuk tahun ajaran baru agar kalian tetap fresh dan siap menghadapi tahun ajaran baru!


1. Start Fresh!

Mumpung mulai tahun ajaran baru, coba deh evaluasi kekurangan kamu di tahun-tahun sebelumnya terus diperbaiki. Lalu sekarang mulai lagi dari awal, jadi lebih produktif, rajin, dan aktif. Jangan lupa coba hal-hal baru yang positif supaya kamu bisa mengembangkan keahlian kamu lebih luas lagi.

2. Catatan Saku

Buat kalian yang belum tahu, catatan saku itu adalah catatan kecil yang bisa kita bawa kemana-mana. Fungsinya apa sih? Fungsinya adalah untuk mencatat segala hal penting agar kita ga gampang lupa. Manusia kan memang mahluk yang pelupa, karena itu kita harus bisa mengakalinya dengan catatan saku. Selain bisa menjadi pengingat tugas dan pekerjaan rumah yang kalian punya, catatan saku juga bisa kalian gunakan untuk mencatat hal-hal baru yang kalian coba dan proses pembelajaran itu. Bukan cuma pelajar kok, catatan saku sudah sering digunakan bahkan sama kakak, bapak, ibu yang sudah bekerja sekalipun. Tapi ingat ya, jangan sampe justru kalian lupa dan justru catatan sakunya hilang, sia-sia deh catatannya.

3. Mulai Aja Dulu

Pasti banyak deh kalian yang sering ingin ini ingin itu, tapi akhir-akhirnya ga jadi karena ga ada aksi untuk mewujudkannya. Karena itu mulai aja dulu! Kalau mau belajar gitar, mulai aja dulu! Kalau mau belajar main futsal, mulai aja dulu! Kalau mau jadi juara kelas, mulai belajar aja dulu! Kalau ga dicoba, gimana kalian mau tahu hasilnya?

4. Jangan Takut Ngobrol

Terutama untuk kalian yang masuk ke sekolah baru, jangan takut ngobrol ya. Karena sekolah itu juga tentang bagaimana kita membangun hubungan dengan teman dan juga guru di sekolah. Kalau ngobrol aja kalian takut, gimana mau punya teman? Tapi ingat ya, ngobrol jangan berlebihan dan jangan keasikan sampai lupa kewajiban kalian.

5. Jadi Selektif

Ketika kita masuk lingkungan yang baru, kita harus bisa selektif. Maksudnya apa? Maksudnya adalah kita harus bisa memilih teman. 

"Tapi kan temanan ga boleh milih-milih, harus temenan sama semuanya?"

Yap, temenan memang ga boleh milih-milih, tapi pergaulan harus dipilih. Kita boleh kok temanan sama siapapun asal kita hanya ambil sifat baik dari dia dan jangan ditiru keburukannya. Kita juga harus menjaga agar teman-teman terdekat kita adalah orang-orang yang bisa membuat diri kita jadi lebih baik.

6. Fokus

Ini dia tips yang terakhir, kelihatannya sih simple tapi sering dilewatkan orang. Fokus dengan apa yang jadi tujuan utama kalian. Pelajar tentu fokusnya bukan cuma sekedar belajar, tapi juga mengembangkan ilmu yang kita dapat jadi sesuatu yang bisa kita aplikasikan. Jangan biarkan hal lain mengganggu kalian menggapai cita-cita kalian. Hal-hal seperti games, pacaran, dan nongkong, ga dilarang kok, tapi belajarlah membatasi diri agar hal-hal itu tidak membuat kamu jadi lupa sama kewajibanmu. Jangan sampai kalian cuma jadi anak yang ikut-ikutan ya, harus fokus pada pendirian kalian.


Itu dia beberapa tips untuk memasuki tahun ajaran baru kalian, sebenarnya sih masih banyak tapi kita simpan untuk tips dan trik berikutnya ya! 

Selamat menghadapi tahun ajaran baru dan God Bless You students!