SMP Pondok Daun - Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMP Pondok Daun Periode 2019-2020
oleh Admin Senin, 28 Oktober 2019 SMP Pondok Daun
SMP Pondok Daun - Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMP Pondok Daun Periode 2019-2020

Selain SMA Pondok Daun, proses demokrasi juga dilakukan oleh siswa-siswi SMP Pondok Daun dalam pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMP Pondok Daun periode 2019-2020.

Setelah menerima pengumuman terkait pemilihan ketua dan wakil ketua yang akan diadakan, siswa-siswi SMP Pondok Daun yang berminat mulai mengumpulkan persyaratan dan mempersiapkan diri mereka dan mereka diberi waktu 1 minggu untuk mencari pasangan. Adapun ketua OSIS haruslah seorang siswa/siswi kelas 8 yang aktif sedangkan wakil ketua haruslah siswa/siswi kelas 7 yang aktif. Mereka dibebaskan untuk memilih pasangan ketua maupun wakil karena berbeda dibandingkan dengan SMA yang dipilih secara individu, pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS SMP Pondok Daun menggunakan sistem calon berpasangan.

Dari antusiasme siswa-siswi untuk berperan aktif, terdaftarlah beberapa pasangan calon ketua dan wakil ketua OSIS, yaitu Daniel Rolando (8) dan Kresna Abeland (7), Evadne Aisyah (8) dan Samuel (7), serta Gabriel Sahat (8) dan Jonathan (7).

Setiap pasangan calon diminta untuk mengkampanyekan diri, program, dan visi misi mereka di hadapan siswa-siswi SMP Pondok Daun. Daniel dan Abel menyatakan bahwa mereka akan memaksimalkan talenta setiap siswa-siswi SMP Pondok Daun melalui kegiatan ekstrakurikuler. Mereka juga memiliki visi untuk membuat lingkungan sekolah yang nyaman dan kondusif. Gabriel dan Jonathan menyatakan bahwa mereka tidak akan membeda-bedakan warga sekolah dan memperlakukan seluruh warga sekolah dengan adil. Salah satu target mereka juga adalah menerapkan dan melatih kedisiplinan dan menerapkan program 5S. Evadne dan Samuel berfokus untuk menyelesaikan masalah siswa dengan mengadakan konsultasi masalah siswa. Mereka juga menggiatkan ketertiban kegiatan belajar mengajar dengan melakukan razia barang-barang yang mengganggu kegiatan belajar mengajar.

Setelah kampanye dilakukan, tibalah saat pemilihan. Pemilihan kali ini dilakukan di ruang UKS, di mana terdapat 2 kotak suara yang disediakan, diawasi oleh siswa-siswi kelas 9 dan dewan guru. Siswa-siswi satu per satu diperkenankan memilih pasangan calon yang mereka percayai dan mencoblos foto mereka sebelum akhirnya dimasukan ke kotak suara. Pemilihan berjalan dengan lancar secara teknis, adapun kendala yang terjadi adalah banyaknya siswa-siswi yang belum saling mengenal dengan para calon yang ada yang membuat mereka bingung ketika akan memilih. Namun hal tersebut ditanggulangi dengan adanya tuntunan dari dewan guru dalam memperkenalkan tiap calon dan merekomendasikan calon hanya sebagai arahan dan tidak bersifat memaksa.

Dari hasil pemilihan yang dilakukan, diperoleh suara terbanyak untuk calon Daniel Rolando dan Kresna Abelard dengan 67 suara, diikuti dengan pasangan Evadne Aisyah dan Samuel dengan 36 suara, dan pasangan Gabriel Sahat dan Jonathan dengan 10 suara. Dari keseluruhan suara yang diperoleh. ditemukan 6 suara tidak sah karena kondisi surat suara yang tidak sesuai atau tidak dicoblos. Dengan hasil tersebut, maka secara resmi Daniel dan Abel terpilih sebagai ketua dan wakil ketua OSIS SMP Pondok Daun yang akan dilantik ketika mereka telah selesai mengikuti kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan.

Selamat kepada Daniel Rolando dan Kresna Abeland yang telah terpilih. Semoga dapat menjalankan tugas dan tanggungjawab dengan maksimal dan membawa nama SMP Pondok Daun menuju kebanggaan yang lebih besar.