Sekolah Pondok Daun - Perayaan HUT Republik Indonesia ke 74
oleh Admin Senin, 02 September 2019 Sekolah Pondok Daun
Sekolah Pondok Daun - Perayaan HUT Republik Indonesia ke 74

Dalam rangka merayakan hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74, Sekolah Pondok Daun mengadakan lomba-lomba untuk memeriahkan acara 17 Agustus.

Kali ini OSIS SMP dan SMA Pondok Daun bekerjasama untuk mengadakan lomba-lomba yang menarik dan seru pada acara HUT Republik Indonesia. Lomba diadakan selama 3 hari, Rabu hingga Jumat, 14 - 16 Agustus 2019 yang kemudian ditutup dengan upacara bersama pada Sabtu, 17 Agustus 2019. Lomba-lomba yang diadakan mencakup lomba untuk SD, SMP, SMA, maupun untuk guru dan karyawan. Pada lomba-lomba tahun ini juga sengaja diadakan lomba-lomba khusus 17 Agustus dan meniadakan lomba olahraga seperti futsal dan basket, tujuannya agar ada suasana yang berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya/

Pada hari pertama, seluruh siswa-siswi melakukan upacara bendera dalam rangka memperingati hari Pramuka Nasional, 14 Agustus 2019. Kemudian dilanjutkan dengan lomba-lomba untuk siswa-siswi SD Pondok Daun. Siswa-siswi kelas 1 saling bertanding di lomba memakai seragam dan lomba makan pisang. Siswa-siswi kelas 2  saling bertanding di lomba membawa kelereng dengan sendok dan lomba memindahkan air dengan menggunakan sponge. Siswa-siswi kelas 3 saling bertanding di lomba lari bendera dan lomba memecahkan balon berisi air. Siswa-siswi kelas 4 bertanding di lomba makan kerupuk dan lomba memindahkan tepung. Siswa-sisi kelas 5 bertanding di lomba balap karung dan lomba mengisi air ke dalam botol. Siswa-siswi kelas 6 SD bertanding di lomba memindahkan belut dan lomba memasukan paku ke dalam botol. Hari pertama diisi penuh dengan lomba-lomba untuk siswa-siswi SD, sementara siswa-siswi SMP dan SMA menjalankan KBM seperti biasa.

Hari kedua diawali dengan lomba makan kerupuk untuk murid SMP dan SMA. Uniknya di lomba makan kerupuk kali ini, tali pengikat kerupuk dikaitkan ke jempol kali peserta sehingga mereka harus bisa mengatur tinggi kerupuk mereka masing-masing yang membuat perlombaan ini menjadi lebih sulit dan lebih seru. Selagi lomba kerupuk diadakan, di aula SMA Pondok Daun juga dimulai pertandingan eSports yang bekerjasama dengan Fruit Tea, yaitu Fruit Tea Youth National Esports Competition. Setelah lomba makan kerupuk, lomba membawa nampan pun diadakan khusus untuk guru-guru dan karyawan. Setelah itu, lomba-lomba dengan gaya estafet pun dilakukan, seperti lomba mengoper bola pingpong, blow & destroy, estafet karet, dan memindahkan tepung. Sesudah lomba-lomba bertema estafet, guru dan karyawan kembali beraksi di lomba joget balon berpasangan. Lomba ini adalah lomba yang menguji keserasian pasangan dalam berjoget dan mempertahankan balon mereka tidak jatuh. Selanjutnya, lomba balap karung pun diadakan untuk siswa-siswi SMP dan SMA yang dilanjutkan dengan lomba memecahkan balon, mencari bendera, dan estafet baju.

Hari yang ketiga dimulai dengan gladi resik untuk upacara 17 Agustus. Kemudian dilanjutkan dengan lomba tumpeng SMA. Setelah itu, siswa-siswi SMP dan SMA berkompetisi dalam lomba Ranking 1. Setelah selesai, diadakan pertandingan dodge ball antar tim yang dilanjutkan dengan lomba Eat Bulaga antar kelas. Selanjutnya, diadakan lomba merias wajah khusus untuk siswi SMP dan SMA Pondok Daun. Setelahnya dilanjutkan dengan lomba senam oreo dan lomba koin tepung antar kelas. Hari ketiga pun ditutup dengan latihan PASKIBRA yang mempersiapkan diri untuk menjalankan tugas di esok hari.

Pada tanggal 17 Agustus 2019 yang jatuh pada hari Sabtu, siswa-siswi tetap hadir untuk melaksanakan upacara bendera. Setelah upacara, diadakan pengumuman pemenang dari lomba-lomba yang sudah dilakukan. Setelah itu siswa-siswi diperkenankan pulang.

Perayaan hari ulang tahun Republik Indonesia akan selalu menjadi sebuah perayaan yang jadi refleksi bagi bangsa kita, sudahkah kita menghargai kemerdekaan bangsa ini? Dan sudahkah kita meneruskan semangat kebangsaan itu di dalam diri kita. Kita boleh merayakannya dengan gembira namun jangan pernah lupakan perjuangan para pahlawan yang sudah mewujudkan kemerdekaan itu.

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya." - Ir, Soekarno