6 Tips Lancar Belajar Online Selama Pandemi
oleh Admin Senin, 14 Februari 2022 Tips Sekolah Pondok Daun
6 Tips Lancar Belajar Online Selama Pandemi

Tidak terasa sudah sekitar 2 tahun kita harus belajar dari rumah karena masa pandemi yang belum juga berakhir. Tentu pembelajaran online menjadi tantangan tersendiri baik bagi guru maupun bagi para peserta didik maupun orang tua. 

Kali ini Sekolah Pondok Daun mau memberi kalian beberapa tips nih agar pembelajaran online kalian bisa berjalan dengan lebih lancar, disimak ya!



1. Charge Device 

img-1644809322.jpg

(sumber gambar : Unsplash.com)

Untuk bisa belajar online dengan lancar tentu kita membutuhkan device yang bisa kita gunakan, baik itu handphone, tablet, laptop, maupun komputer. Bagi pengguna laptop dan komputer tentu tidak masalah untuk mengikuti pembelajaran sambil tetap mengisi daya device, namun bagi sebagian besar pelajar yang menggunakan hp sebagai perangkat utama untuk mengikuti pembelajaran online, sangatlah penting untuk mengisi daya handphone-nya sebelum memulai pembelajaran. Jauh lebih baik untuk mengisi daya di malam sebelumnya agar di saat pagi kita sudah siap untuk belajar. Ingat ya, jangan dihabiskan dengan bermain game sebelum belajar baterainya!


2. Cari Spot Yang Sinyal-nya Maksimal

img-1644809589.jpg

(sumber gambar : Unsplash.com)

Salah satu hal terpenting untuk mendukung pembelajaran online kita tentu adalah koneksi internet. Internet yang kita gunakan di rumah masing-masing tentu berbeda-beda dengan kecepatan yang berbeda-beda juga, namun salah satu hal yang bisa kita lakukan untuk memaksimalkan internet yang kita gunakan adalah dengan mencari tempat di mana sinyal bisa kita dapatkan dengan baik untuk pembelajaran. Bagi kalian yang menggunakan WiFi di rumah, tentu sinyal terbaik adalah ketika kalian tidak jauh dari letak modem kalian. Bagi kalian yang menggunakan data handphone, kalian bisa mencari tempat terbaik untuk mendapatkan sinyal dengan bereksperimen dengan berpindah-pindah tempat sambil melakukan pengujian koneksi. Cara lain yang bisa kalian gunakan juga adalah dengan mengunduh berbagai aplikasi pengetesan sinyal di hp kalian. Jika ternyata layanan internet yang kamu gunakan memang tidak maksimal di rumah mu, kamu bisa mengganti provider yang lebih kuat untuk daerah rumah mu.


3. Tutup Aplikasi Yang Memakan Koneksi

img-1644810434.jpg

(sumber gambar : Unsplash.com)

Ketika menggunakan aplikasi Zoom untuk mengikuti pembelajaran online, kita membutuhkan koneksi yang stabil dan tidak terganggu. Terkadang aplikasi yang kita sedang gunakan di device kita memakan koneksi yang dapat mengganggu koneksi kita pada saat kelas online. Untuk itu, pastikan kita sudah mengeluarkan segala aplikasi yang dapat memakan koneksi, serta mematikan fitur auto-update application yang ada pada pengaturan


4. Gunakan Earphone/Headphone

img-1644812037.jpg

(sumber gambar : Unsplash.com)

Untuk memastikan pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik, kita harus mendengar hal-hal yang disampaikan oleh guru dengan jelas. Tentu headphones atau earphones menjadi pilihan yang baik agar kita bisa dengan jelas mendengarkan pembelajaran yang disampaikan serta menghindari gangguan suara dari luar yang bisa menghambat kita mendengarkan pembelajaran. 


5. Bersihkan Kamera

img-1644814027.jpg

(sumber gambar : Unsplash.com)

Kamera kita juga tentu menjadi salah satu hal yang penting saat mengikuti pembelajaran online agar wajah kita dapat terlihat dengan jelas oleh guru. Pastikan kamera kita bersih dan tidak berdebu maupun kotor karena cairan yang membuat video wajah kita menjadi buram dan tidak terlihat bagus. Kalian juga tetap mau kelihatan kece kan meski belajar dari rumah?


6. Atur Postur Tubuh 

img-1644814230.jpg

(sumber gambar : Unsplash.com)

Penting bagi kita untuk mengatur posisi tubuh tetap tegak dan duduk di tempat yang nyaman selama pembelajaran online. Waktu belajar online kita yang tidak sebentar tentu mengharuskan kita untuk belajar dengan nyaman mungkin, tapi jangan terlalu nyaman sampai ketiduran ya! Duduklah dengan tegap dan device yang digunakan sebisa mungkin berada pada eye-level (setara dengan mata kita). Sesekali juga benahi posisi tubuh serta melakukan peregangan setelah duduk terlalu lama ya agar tetap segar dan tidak mengantuk.


Baca Juga :

Pembelajaran Tatap Muka Depok Kembali Tertunda

Sekolah Pondok Daun Official YouTube Channel

Sekolah Pondok Daun sudah divaksinasi