Bintang San Merry salah satu siswi SMA Pondok Daun diterima di Institut Teknologi Sumatra
oleh Admin Selasa, 05 April 2022 SMA Pondok Daun
Bintang San Merry salah satu siswi SMA Pondok Daun diterima di Institut Teknologi Sumatra

Salah satu siswi SMA Pondok Daun, Bintang San Merry berhasil diterima di Institut Teknologi Sumatra lewat jalur SNMPTN. 

SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah salah satu seleksi masuk perguruan tinggi negeri yang serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia. Pada SNMPTN siswa-siswi akan dinilai dengan kriteria seleksi berdasarkan nilai rapor dan prestasi akademis lainnya. Untuk masuk ke perguruan tinggi lewat SNMPTN tentu bukan hal yang mudah, mengingat seleksi ini dilaksanakan secara nasional di seluruh Indonesia dan kuota penerimaannya hanya 20 persen saja. Kriteria nilai rapor dan nilai-nilai lainnya pun menjadi persaingan ketat bagi seluruh pelajar kelas 12 di seluruh Indonesia.

Bintang San Merry, siswi kelas 12 SMA Pondok Daun beruntung menjadi salah satu siswi yang diterima di Institut Teknologi Sumatra lewat jalur SNMPTN.

Saat kami tanya reaksi Bintang saat melihat pengumuman penerimaan, ia menyampaikan bahwa ia sangat senang dan bersyukur. Ia juga tidak menyangka bisa diterima lewat SNMPTN. Ia diterima di jurusan Studi Lingkungan sesuai dengan apa yang ia pilih karena ia mengaku tertarik dengan dunia alam dan lingkungan. Ia juga memilih ITERA karena kampusnya bagus dan ia ingin mencoba suatu hal yang baru. Bintang semakin yakin juga untuk memilih ITERA karena sebelumnya kakak Bintang juga berkuliah di sana.

Selama di sekolah Bintang memang adalah siswi yang rajin dan cerdas. Ia pandai berkomunikasi dan cukup cepat mengerti materi pembelajaran menurut guru-guru yang mengajarnya. Tapi menurut Bintang hal ini saja tidak cukup, konsistensi mempertahankan nilai rapor yang baik menjadi salah satu kuncinya. Tidak lupa hal penting yang ia selalu lakukan adalah berdoa dan mengandalkan Tuhan.  

Bagi kalian yang tertarik juga untuk mengikuti seleksi SNMPTN di tahun depan, ada beberapa saran dari Bintang yang sudah ia lakukan. Yang pertama adalah mempertahankan dan terus meningkatkan nilai rapor kalian, jangan sampai nilai kalian turun drastis. Selain itu, penting untuk mencari informasi mengenai seleksi SNMPTN dari jauh-jauh hari sebelum diadakan karena tidak sedikit juga siswa-siswi yang kompeten namun tidak bisa berpartisipasi karena terlambat mendaftar karena kurangnya informasi yang mereka miliki. Yang terakhir, jangan lupa untuk berdoa dan minta restu dari orang tua ketika akan diseleksi. Tiga hal ini yang menurut dia sangat membantu dia untuk bisa berpartisipasi dan lolos SNMPTN di tahun ini.

Kami dari Sekolah Pondok Daun juga turut bangga dengan diterimanya di PTN yang ia inginkan. Sekali lagi kami ucapkan selamat kepada Bintang dan selamat menempuh jenjang selanjutnya, semoga terus berprestasi dan membawa bangga nama keluarga dan sekolah.

Bagi kalian yang belum diterima jangan berkecil hati. Berdoa dan berusahalah di pilihan-pilihan lain yang kalian ambil ya! 

Tetap semangat dan God bless you!


Baca Juga :

Meaning Through Music - SMA Pondok Daun

Tips Lancar Belajar Online

Sekolah Pondok Daun sudah divaksinasi